Cara Setting Angin Karburator

Setting Angin Karburator

Cara setel angin karburator. Stiap motor memiliki putaran yang berbeda dan juga di pengaruhi cuaca. Cara meyesuaikan setelan angin karburator pada motor anda tidak harus pake patokan putaran 1/3 1.5 atau 2.5 dan seterusnya.tapi berdararkan permintaan mesin. Trus apa yang membuat anda ingin menyetel nya?. Banyak teman-teman belom paham tentang ini dan tidak jarang mereka coba-coba putar-putar tapi tidak ada penyelesaian nya. Alasan yang sering trjadi sehingga di butuhkan setting angin karburator sbb
1. Motor merebet di putaran gas rendah.
2. Motor merebet di putaran gas tengah dan puncak.
3. Terkadang motor lemah terkadang bertenaga.
4. Boros suara besar tenaga gak ada.

Langkah penyetelan.
Sekalian buka karbu nya cuci hingga bersih bukan pake air dan sabun tapi pake bensin. Lalu bersihkan pj dan mj nya dan cek lobangnya jangan ada yang trsumbat. Tekan panel pompa karbunya biar kotoran di dalam pompa keluar. Setelah bersih pasang kembali seperti semula dan jangan lupa selang bensinya.

Dan lanjut ke busi buka dan bersihkan jika warna hitam tanda nya motor boros bensin jika basah menandakan ring piston udah bocor. Idealnya warna kemerahan dan kuning tua lalu pasang kembali dan coba hidupkan. Apa kah masih berebet atau udah normal?

Jika masih berebet coba cek setelan angin nya. Jika anda belom tau yang mana angin dan gas coba bedakan jika di putar searah jarum jam dan gas jadi naik ini setelan gas. Jadi setelan angin yang satunya.
Ok mari kita kerjakan pertama kencangkan stelan angin nya lalu tarik gas +-3/4 dan tahan lalu putar keluar setelan anginya secara sedikit-demi sedikit lalu perhatikan di mana merebetnya hilang dan gas jadi tinggi tapi normal nah ini lah stelan yang pas buat motor anda lalu sesuaikan setelan gas nya biar irama langsamnya pas.

Note: jangan lupa saringan udara harus di bersihkan. Jika bensin banjir dari karbu menandakan karet di pelampung rusak karet ini berpungsi mengatur masuk minyak ganti jika perlu.

20120513-200822.jpg

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Segala Hal Tentang Kawasaki Ninja RR dan tag . Tandai permalink.

24 Balasan ke Cara Setting Angin Karburator

  1. Rio Kocu berkata:

    gan, itu kantong oli samping nya emg ngegantung kaya gitu?

  2. richo berkata:

    Trims gan bat infonya

  3. lanangbagus berkata:

    Ninjanya keren mas bro

  4. sdasdasd berkata:

    kantong infusan

  5. luky berkata:

    Ane bingung, ane suka mesin tapi juga suka elektronik.

  6. thanks ea mtr w mnang Neehh gra” tips dri loohhh mksih ea .,.

  7. Yudhiprasetya berkata:

    Makash info nya sangat berguna bgi saya

  8. heri santosa berkata:

    mantap gan, sekaligus perlu dicoba, cuma ini mo tanya; kalo gas ditarik bila motor baru nyala di pagi hari mengapa gak bisa langsung naik, bahkan mati?

  9. ricanx berkata:

    thanks infonya pak,, sangat membantu,,salam warr werrrr,,,,

  10. ninjane wagu, lucu, kurang extreeemm :p

  11. Tejo berkata:

    Karet di karbu yg mana y? Perasaan karbu ninja sy gx da karet ny.
    Yg dimksud karet karbu yg mana?
    Pilot jet bukan gan!
    Mksh

  12. Tejo berkata:

    Karet di karbu yg mana y? Perasaan karbu ninja sy gx da karet ny.
    Yg dimksud karet karbu yg mana?
    Pilot jet yg dipelampung bukan gan!
    Mksh

  13. djoyo berkata:

    mbah brow

  14. djoyo berkata:

    mbah brow mo tanya motor smash stelan angin di puter 1/3 malah knalpotnya keluar asap tapi di puter 1 puteran asapnya ilang itu knapa ya mbah brow mohon di jawab ya mbah brow

  15. Jalub berkata:

    Mau nanya gen ,,,,
    gimana ya cara nya sitil angin kalbulatur untuk jupiter mx 2012,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s